Performance

 
image

Performance

Didalam Pemerintahan dan korporasi-korporasi yang berskala Nasional maupun Internasional, semua menjaga performance dari orang-orang yang bekerja didalam organisasi tersebut. Adapun tujuan menjaga performance tersebut diantaranya:

1, Menarik management dan pasar, bahwa dengan performance yang baik akan menguba persepsi pasar terhadap kualitas dan kapasitas dari suatu organisasi didalam korporasi ataupun didalam organisasi secara umum. Sehingga dapat meningkatkan nilai jual (saham untuk perusahaan) yang tinggi, jika performance dari perusahaannya tinggi.
2, Untuk bawahan/Pimpinan dari organisasi pada perusahaan tersebut memiliki nama yang baik dan nilai jual yang tinggi juga. Hal ini berbanding lurus dengan performance yang dicapai.

        Salah satu contohnya adalah perbankan, dimana mereka menjaga performance seperti kenaikan jumlah customers, nilai investasi, dll. Seperti misalnya Bak Indonesia, mereka yang bertugas menjaga kestabilan uang yang beredar di masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya inflasi dan deflasi secara signifikan karna dapat mempengaruhi aliran uang yang terjadid pada masyarakat. Selain itu, dengan menjaga kestabilan perekonomian Negara, maka salah satu perforamance yang ada pada Negara adalah kestabilan perekonomian yang berakibat sangat baik sekali seperti: minat inestasi asing di Indonesia semakin Tinggi, pertumbuhan ekonomi masyarakat lambat laun semakin tinggi.
        Begitupun dengan kami yang bekerja di Pabrik Kelapa Sawit. Pabrik Kelapa Sawit merupakan pabrik tempat pengolahan Buah Kelapa Sawit menjadi CPO da nada juga yang sekaligus langsung mengolah menjadi produk jadi seperti Minyak Goreng, Mentega, dll didalam stasiun (Divisi) Refinery. Salah satu Indeks yang paling utama yang dilihat adalah masalah Kapasitas Pabrik (Throughput), Produksi Efficiency Result (ER) CPO dan Efficiency Result (ER) Kernel. Selain itu juga yang selalu menjadi sorotan adalah masalah cost/ biaya ayng dikeluarkan oleh Pabrik Tersebut. Mari kita lihat Grafik di Bawa Ini:

Grafik 1. Throughput dengan Time Process

image

        Jika Throughput Pabrik tinggi maka Time Process tentu akan semakin rendah sehinggi biaya man power selama proses pengolahan akan semakin rendah dan begitu juga sebaliknya. Missal jika kapasitas pabrik yang terpasang adalah 30 Ton/Jam, berarti jika buah yang masuk 600 Ton, maka dapat dihabiskan selama 20 jam. Sedangkan jika kapasitas pabrik 40 Ton/Jam maka buah yang 600 Ton dihabiskan cuman alam waktu 15 jam, coba bayangkan berapa waktu yang di hemat yaitu 5 jam. Dalam 5 jam itu banyak hal yang bisa kita lakukan diantaranya seperti Maintenance Pabrik, permbersihan, dll.

Grafik 2. Throughput dengan Produksi

image

       Jika throughput tinggi maka diharapkan produksi juga akan tinggi. Seperti produksi CPO dan Kernel, terlepas dari kondisi buah yang banyak buah mentah atau busuknya, jenis Tenera, Dura atau Psifera dan Loses CPO ataupun Kernel. Jika produski tinggi otomatis Cost per Productnya akan semakin Rendah.

Grafik 3. Loses dengan Produksi

image

      Ada variable yang tidak bisa dihilangkan dalam proses produksi yaitu losis (kehilangan) dari produksi yang dilakukan. Yang jelas dengan melihat grafik tersebut, jika Loses tinggi maka akan berpengaruh ke berkurangnya produksi. Dan begitu juga sebaliknya.

Grafik 4. Cost dengan Produksi

image

       Begitupun dengan cost (biaya) dan produksi semuanya saling keterkaitan. Jika produksi semakin tinggi dengan waktu olah yang tetap atau turun maka tentu cost per productnya akan turun. Terlepas dari biaya lain untuk penggunaan tertentu seperti Investasi, dll.
       Jadi seperti Produksi, terkadang kami dilapangan menjagi agar ER CPO and ER Kernel tetep terjaga Constant dan meningkat. Jadi kami mempelajari tren lapangan dan kondisi lapangan pada setiap bulannya sehingga ada kalanya produksi kami rendah dan produksi kami tinggi, jadi ketika produksi kami tinggi terkadang kami simpan untuk berjaga-jaga ketika produksi mengalami penurunan, karna kondisi material atau lingkungan seperti hujan sangat berpengaruh kepada tinggi atau rendahnya produksi.

By: alwepo
alwepo@gmail.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: